ame_umantenblk ame_umantendepanDalam beberapa pertemuan di kelas dengan mahasiswa saya atau obrolan di warung kopi saya sering ngobrol tentang trend budaya dan peradaban orang sekarang. Salah satunya dari segi ‘aktualitas diri’. Teori Maslow memang mengatakan bahwa kebutuhan aktualitas diri memang menjadi salah satu bagian piramid kebutuhan manusia, meskipun itu terletak di paling puncak setelah Sandang Pangan Papan dsb.

Dalam contoh yang paling sederhana adalah tentang undangan manten ini. Dulu orang tidak begitu memberi Attention to Detail kepada undangan mantennya. Secara sudah banyak undangan yang siap pakai, tinggal isi nama dan acara, namun sekarang rupaya mereka sudah pada suka ber’aktualisasi diri’ itu tadi, bahasa kerennya narsis coy! .. Undangan manten rasaya kurang afdol bila tidak didesain sedemikian rupa sekira terkesan ‘ekslusif’ atau dengan kata lain, this is me! Inilah kami, inilah aktualisasi kami.. kebutuhan ini dalam kenyataan di lapangan telah membuat suatu trend bisnis baru di dunia per ‘undangan manten’an. Seperti contoh dibawah ini :

Ini ada manten yang ingin didesignkan undangan dengan gaya poster film. Oke-oke saja. Saya sebagai pekerja seni manut saja apa maunya klien. Selama masih dalam koridor Logika Etika dan Estetika, saya monggo-monggo saja, lha iki pancen nyambut gawe e jeh..

Design diatas dimaksudkan untuk para kerabat dekat dan teman mempelai, sementara untuk golongan para orang tua undangan resminya ada sendiri. Tanggal dan tempat yang tertulis diatas adalah masih dummy dan belum fix, tinggal ngerubah aja.

Oke, semoga sukses acaranya, diberi rumahtangga sakinah, mawaddah wa rohmah, (suami  di rumah istri di Jedah.. :D)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website