alun2gedelumajangSedikit catatan kecil saya waktu perjalanan dari Malang ke Jember. Saya amat terkesan dengan kota Lumajang. Sejak masuk gerbang Selamat Datang, yang terlihat adalah pagar tanaman -bahasa jawanya Ribang- yang ditanam rapi sekali dikiri kanan. Sepanjang jalan, mulai kabupaten, masuk kota, lalu kabupaten lagi.

Entah siapa yang mencanangkan gerakan menanam Ribang ini yang jelas rupaya seluruh negeri Lumajang telah bersepakat memagari jalan dengan asri. Kemudian ketika akan masuk kota saya mampir dulu ke toko kecil dan ke mesjid. Ternyata mereka membudayakan lantai yang bersih tak berdebu. Mesjid/musholla yang saya hampiri juga sederhana tapi tak berdebu. Hmmm.. saya cukup terkesan. Agak beda dengan kota-kota lain yang pernah saya kunjungi. Kemudian lagi di sepanjang jalan terdapat sungai yang lebar, di plengseng rapi, airnya tenang dan bersih. Sepanjang jalan. Ini apa-apaan? kok saya merasa kota Lumajang ini bak di luar negeri saja..hehe. Tumben ada kota yang bersih dan rapi gini.

Pagar hidup tadi habis begitu saja ketika saya melewati gerbang Selamat Jalan. Nantilah coba saya cari informasi lebih lanjut tentang kota ini. Yang jelas buat Anda warga negara Lumajang, negeri Anda telah memberi kesan yang baik buat para pejalan yang melewati negeri Anda yang indah. Cerita budaya bersih Anda perlu saya sebarkan dan saya bawa kepada negeri-negeri lainnya. Negeri Anda berhak diliput di web ini..:D Salut!

Demikian laporan perjalanan dari saya. Ame Abdee melaporkan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website