Phishing rek! Bukan [ke] pising.. hehe..

Buat kamu yang sehari-hari makan internet, salah satu hal yang patut selalu diwaspadai adalah Phishing.

Apa itu Phishing ?
Ialah perbuatan curang yang berusaha mencuri data-data digital rahasiamu.

Bagaimana membedakan Phish dengan Spam email ?
Spam adalah email berbau iklan yang tidak diminta, terkadang berisi phishing juga, namun lebih sering hanya murni berisi iklan. Phish terutama bertujuan criminal (pencurian data)

Bagaimana cara kerja Phishing ?
Phising email/web biasanya tampak seperti berasal dari perusahaan/organisasi terkenal yang meminta data personal kamu seperti nomor kredit card, username/password. Seringkali phishing  diterima dari website/perusahaan dimana kamu tidak pernah punya akun sama sekali disitu. Agar supaya kamu mengirim data-data tersebut, para pelaku phishing akan menggiring kamu untuk mengklik sebuah alamat yang berisi form untuk diisi. Hati-hatilah ! Organisasi/perusahaan yang sah dan masuk akal tidak akan memakai cara seperti itu untuk meminta informasi penting tersebut.

Selanjutnya, cara tebaik untuk menghindari phising adalah dengan mengenali Phishing sebaik mungkin.

Saya juga sering mendapat email phising, seperti pagi ini. Kali ini emailnya kelihatan amat bonafid. Untung saja ada website http://www.phishtank.com ini untuk men-crosscheck alamat-alamat phising. Kamu juga bisa berpartisipasi memberi informasi kepada web ini bila kamu memperoleh email phishing.

ame-citibank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website