openvpnMaaf lama gak nulis..
Kali ini saya share tentang koneksi GSM via OpenVPN (Virtual Private Network).  Suatu hari seorang teman menawari saya koneksi GSM unlimited dengan kecepatan non quota dengan tariff cuma 50ribu/bulan… wow so interesting!

Saya bilang, ok berminat dan pengin mencoba. Caranya, beli perdana IM3 yang berisi pulsa 100perak aja (ok, karena pulsa terkecil pasti 5000perak) buat konek. Lalu download softarware openvpn + file configurasi yang sudah dibundle oleh sang admin. SOri download linknya tidak saya publish dulu. Menunggu perkebangan selanjutnya

Kemudian setelah diinstall semua, saya aktifkan software openvpn dan mengisi username/pw yang diberikan oleh sang admin (dijatah 3hari untuk trial).

Saya klik, konek dan wussssssssssssssssss!!! Koneksi kuenceng banget! Untuk download 66MB cuma butuh dak sampai 15menit. Saya sangat senang dengan hasilnya. Pulsa 5000 gak habis2 untuk online dan download selama 2 hari full. Hmmm berarti memang ini lewat jalur khusus… Cara kerjanya saya belum begitu faham bagaimana mereka bisa mendapat jalur khusus dilalu lintas sinyal Indosat ini.

Saya sudah bilang ok dan mendaftar untuk bulan pertama, tapi saya pending pembayaran sampai trial selesai di hari ke-3.

Hari ke-3. Tiba-tiba saya gak bisa konek! Pulsa kesedot habis. Rupanya openvpnya tidak aktif tanpa saya ketahui sehingga koneksi beralih ke jalur data biasa dan memakan pulsa. Saya belikan lagi pulsa 5000 supaya bias konek. Ternyata setelah saya konek ke jalur Indosat, software Openvpn nya tidak kunjung bias konek. Buru-buru saya matikan koneksi supaya pulsa tidak tersedot.

Sang admin saya kontak via SMS mengatakan memang servernya sedang trouble. Sedang diperbaiki. Hmmm okelah, saya ndak paham server apa yang diperbaikin yang jelas berarti sedang error dari pihak penyedia vpnnya.

Hari ke-4, saya mencoba kembali konek dan bisa. Tapi kecepatan menurun. Si Admin bilang belum stabil. Dan memang benar, koneksi vpn-nya mendadak putus dan pulsa 5000 kembali habis. Ndak mungkin saya harus berada di depan kompie terus menerus untuk berjaga-jaga bila vpn putus!

Hari ke-5 saya libur ndak online.

Hari ke-6 saya belikan lagi pulsa 5000 dan pagi ini saya konek lagi. OpenVPN on lagi. Saya yakin on karena indicator lampunya menyala hijau. Sesuai petunjuk. Kecepatan kuenceng lagi. Hore! Tapi…………. 15 menit kemudian putus! Dan pulsa 5000 habis! Berarti koneksi 15 menit tadi memakan pulsa!… Berarti gak pake VPN…what??! I’m confuse.

Sudahlah, dihari ini saya putuskan untuk pending dulu pendaftaran memakai koneksi ini. Jelas ini systemnya belum stabil. Si Admin rupanya mengalami trouble koneksi juga dengan tidak lagi online di YM semenjak trouble beberapa hari ini. Dan saya juga belum transfer uang, terimakasih buat Admin yang berbaik hati memberikan trial version. Yup memang itulah gunanya trial version sebelum memutuskan membeli. Saya doakan moga kuliahnya di Jogja tetap lancar, ndak terlalu sibuk ngurusin server jaringan yang tidak stabil ini.

Akhirnya saya kembali ke mobil classic saya Telkom Flash yang telah menemani setahun ini, yang meskipun sekarang sering cuma mampu berjalan pelan tapi jarang mogok… hehe..

*mode mencari alternative koneksi masih on*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website