Ada yang pernah tahu babi ngepet? Ketika si babi sedang kelayapan mencari duit harus ada seseorang yang menjadi kepercayaanya untuk menjaga lilin di rumahnya agar tidak mati. Bila sampai lilin mati atau error akan berakibat si babi akan error juga dan malah bisa-bisa mati kaku atau dikeroyok warga. Karenanya si babi musti benar-benar memilih partner yang terpercaya untuk dia menggantungkan nasib yang bisa sewaktu-waktu terjadi berbagai macam gangguan.

Buat saya yang seorang web designer dan developer ini perusahaan hosting adalah asisten babi ngepet saya. Saya perlu seseorang yang bertugas menjaga lilin file ketika saya sedang kelayapan berkelana di dunia lain mengerjakan tugas saya. Sementara para klien dan pengunjung web musti disihir dengan terpesona oleh tampilan website yang filenya dijaga oleh asisten saya itu agar jangan sampai mati. Bila terjadi gangguan yang mengakibatkan lilin bergoyang (eror) atau bahkan padam (down), maka matilah saya. Klien akan mencari saya dan menunda pencairan invoice atau bahkan membatalkannya serta para pengunjung akan mencaci maki seraya meninggalkan banyak komen yang bisa membunuh saya diberbagai macam forum dan social networking dunia saya. Maka.. hancur lebur lah ilmu babi ngepet saya.

Beberapa tahun ini saya lihat bisnis menjadi penjaga lilin ini menjadi sangat marak. Banyak perusahaan hosting  menawarkan dirinya dengan berbagai macam pilihan harga, fitur dan promo. Semua saling bersaing agar dipilih oleh sang babi ngepet seperti saya. Tapi tentu kita tidak bisa sembarangan pilih donk, resiko nya nyawa coy! Karena itu saya punya beberapa kriteria untuk perusahaan hosting yang akan saya pilih. Sekarang saya tidak  tergiur dengan harga yang murah karena dalam 10 tahun menjalani babi ngepet jadi web developer ini saya sudah mengalami beberapa kali babak belur dihajar warga gara-gara lilinnya mati. Karena itu saya harus memastikan dia punya skill dan reputasi yang bisa dipercaya. Diantaranya dia harus : 1) Punya technical support yang responsive 2) Tidak banyak eror yang dilaporkan banyak orang kepada Mbah Google pemimpin para dukun 3) Tua, artinya saya lebih percaya kepada mereka yang lebih tua dari pada yang muda karena pastinya lebih pengalaman baik dalam mengatasi gangguan maupun dalam memahami berbagai macam permintaan dari saya karena beragamnya medan yang harus saya jelajah dalam mencari sumber-sumber duit.

Ok, dari beberapa perusahaan hosting Indonesia yang masuk dalam kriteria itu adalah idwebhost.com. Idwebhost adalah salah satu perusahaan yang sudah lama saya kenal. 10 tahun lalu diawal-awal memulai karir saya memakai Masterweb tapi kemudian saya pindah ke idwebhost karena waktu itu adalah support Masterweb saya rasa amat susah. Meskipun saat ini Masterweb sudah meningkatkan semua performanya namun saat itu kesan pertama saya dengan idwebhost adalah sangat menggoda dan memuaskan.

Menurut catatan arsip saya, saya sudah berpartner dengan idwebhost sejak tahun 2007. Sampai sekarang idwebhost tetap eksis dan ketika saya iseng-iseng meminta wejangan dari Mbah Google ternyata menurut beliau juga tidak banyak laporan eror yang dilaporkan kepadanya. Bila sebuah hosting bisa eksis berdiri dalam lebih dari 5 tahun tanpa banyak komplain berarti dia adalah hosting tangguh. Support dan salesnya masih aktif memberi pelayanan baik yang menunggu maupun yang menjemput bola -seperti program kompetisi weblog ini- terbukti saya sebagai customer lamanya dengan sukarela menyisihkan waktu dan tenaga untuk menulis artikel ini. Terbukti iklan terbaik adalah kepuasan customer.

Seingat saya, idwebhost lah juga yang pertama kali memberi harga hosting yang menurut saya spektakuler yaitu 1000/bulan, berarti 12 ribu setahun. Bila ditambah harga domain yang kurang lebih 100ribu, maka seseorang bisa mempunyai web top level domain dengan ‘hanya’ 112 ribu pertahun! Jauh lebih mahal dibanding yang gratisan di blogspot (ya iyalah..) tapi sangat murah untuk top level domain.

Terlepas dari entah paket hosting dengan harga ini memang banyak usernya ataukah cuma bahasa marketing sahaja – saya sendiri tidak pernah mengambil paket hosting murah ini karena kebutuhan saya minimal paket standar – tapi saya yakin idwebhost tidak akan main-main mempertaruhkan reputasi besarnya dengan bermain-main dengan paket kecil yang diperlakukan sebagai pelengkap sahaja.

Jadi, Idwebhost,..  jangan tidur ya, tolong jagain lilin, ntar pasti saya kasih bagian babi ngepet saya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website