qooSatu lagi toko online raksasa yang saya coba setelah Lazada dan Blibli, adalah Qoo10.co.id.

Giosis is a joint venture company formed with eBay, the world’s largest online marketplace, to become Asia’s leading online marketplace. Giosis provides a powerful online marketplace platform that allows its buyers enjoy highly secure and convenient shopping experience. The company currently operates 7 localized online marketplaces in 5 countries including Japan (http://www.qoo10.jp)and Singapore(http://www.qoo10.sg)and plans to expand into more Asian countries in the near future.

Namanya agak aneh dan hard to say tapi jaringannya yang terlisting sudah ada di 6 negara Asia. Whatever lah, yang penting saya ingin coba shoping experience nya. Untuk order pertama ini saya biasanya coba yang tidak terlalu mahal dulu untuk meminimalis resiko jika terjadi apa-apa. Bagaimanapun canggihnya, belanja online selalu melewati tahapan transfer dulu dan barang datang kemudian. Jadi selalu ada fase H2C (harap-harap cemas) apakah benar barang terkirim?, apakah benar sesuai kualitas?. H2C ini akan berubah nyaman seiring reputasi si olshop dan pengalaman yang diberikan. Testimoni dan review dari user lain pasti selalu ada tapi we never know till we try our self, right?

Belanja online at least bagi saya cukup saya sukai karena hemat waktu dan energi. Tentu saja kategori barangnya adalah yang –istilah anak motor- bukan fast moving macam sembako, tapi yg slow moving macam peralatan hobi yang tidak urgen dan juga biasanya musti keliling-keliling cari jika belanja offline which is boros waktu dan tenaga.

Okay, qoo10.co.id ini punya style sendiri di UI (user interfacenya) dia suka design yang rame kayak toko obral. Area UI nya dipenuhi katalog barang dan mouseover area yang memunculkan sub produk dari masing-masing barang. Lazada masih lebih kalem designnya dengan menata rapi katalog dan background polos. Lha qoo10 ini jaan, persis toko yang majang semua produknya di tengah jalan, haha. Tapi justru biasanya toko seperti itu yang rame dikerubuti pembeli, baik yang niat datang atau yang Cuma lewat jadi ikut nimbrung karena lihat tumpukan barang yang menggunung.

Jika terjadi kompetisi harga, yah tak bisa dihindari di dunia online. Seller akan mati-matian berpikir tapi konsumen yang diuntungkan. That’s what we as buyer want. Sebuah produk obat kumur asal korea sudah saya keliling mencari di toko-toko lain, tentunya tanpa berdiri dari kursi saya, dan di qoo10.co.id ternyata paling murah.

Adanya pilihan sign-in with Facebook, menjadikan proses lebih mudah. Byuh sampe di halaman profil user pun interface designya begitu rame, saya yakin akan sedikit membingungkan bagi user yang masih awam apalagi emak-emak yang alergi teknologi. Tapi ramenya ini saya lihat adalah karena canggihnya fitur yang dipunyai qoo10. Yang terlihat adanya semacam program rewards, kayak stiker yang dikumpulin dan nantinya bisa ditukar sesuatu. Okay, I ll try that later. Yang jelas kesan systemnya begitu terprogram dengan baik.

Cara pembayarannya banyak, sengaja saya pilih cara pembayaran transfer bank yang mana ini adalah cara paling jadul. Sebelumnya di blibli.com saya pilih pembayaran via klikbca dimana terkirim sebuah kode yang langsung konek dengan klikbca dan begitu dibayar maka orderan terkonfirmasi. Lihat postingan saya disini. Ternyata pembayaran via transfer mereka kombinasikan dengan kode order yang disuruh masukkan di kolom berita.

Saya coba transfer dan memang konfirmasi tidak realtime seperti ketika saya bayar via klikbca di blibli.com. Baru sehari setelah itu masuk email konfirmasi bahwa pembayaran sudah diterima, sepertinya mereka menggunakan operator manual untuk jenis pembayaran ini 🙂

Yang menjadi point kurangnya (dibanding blibli) adalah ongkirnya tidak free, cuy! Jadi total ditambah ongkir harganya jadi lumayan lah, tapi saya hitung masih dibawah harga normal produk tersebut di toko lain juga. Okelah bungkuss!!

Hari ini produk blom saya terima, karena masih 3 hari lalu saya order. Jadi mari kita tunggu saja paket datang.. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website