ame-vespaPagi ini seorang teman baru beli Vespa. Saya tidak/belum tahu teknologi dan specs teknisnya, tapi biasanya saya tidak terpengaruh segala macam istilah pabrikan karena apapun itu istilahnya akan berakhir pada penilaian konsumen ketika mengendarainya. Bukan konsumen yang harus merubah pendapatnya, tapi merekalah yang harus mengembangkan teknologinya sesuai pendapat konsumen, oyi?

Saya pinjam sebentar untuk test ride pendek. 10 menit saja, dan begini impresi yang saya dapatkan.

  1. Tenaga. Tidak istimewa, secara cuma 125cc, menggendong berat motor yang berat dibanding motor sekelasnya. Akselerasi tidak istimewa. Saya sudah coba buka gas dengan spontan beberapa kali tapi tidak ada tarikan yang berarti. Kalem saja. Sepertinya berat motor lebih dititiberatkan untuk kenyamanan.
  2. Suspensi. Sejak pertama menghempaskan pantat di joknya, tidak ada pantulan yang berarti. Saya sudah tidak berharap bakalan empuk lewatin poldur dan ternyata bener.. lewati beberapa poldur pun suspensinya tetap keras, aduh.
  3. Parkir. Mendorong vespa ini di parkiran rasanya seperti motor laki, berat man!. Sementara matic sekelasnya malah bisa saya geser angkat kalo parkir.
  4. Finishing. Painting dan detailnya bagus. Okelah secara brand Vespa memang terkenal mementingkan style look nya. Cuma pemakaian chrome mengkilat di dashboarnya bikin sakit mata buat saya, malah jadi kayak produk CHina hehe.
  5. Handling. Setangnya tinggi dan rasanya lebih berat, sehingga handlingnya not so easy. Untuk meliuk-liuk is not as easy as skutic 125cc lain yg pernah sy kendarai.
  6. Durabilitas ? entahlah. Kita lihat saja beberapa bulan ini teman saya banyak keluhan atau tidak.

10 menit cukuplah karena sesuai tujuannya, skutik adalah untuk city ride. Stop n go. Saya mencoba untuk obyektif dengan mengambil perbandingan motor sekelasnya yang pernah saya coba ya. Ada vario, beat, mio terbaru, scoopy, xeon rc, mio j, kymco libero, kymco easy. Untuk motor seharga 29juta, saya merasa mahal di gaya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website