jamaah khusuk12.30 sang khotib memulai khutbahnya. Jamaah mendengarkan dengan tenang, sementara jamaah lain terus masih berdatangan memenuhi halaman dan lorong-lorong sekitar masjid. 12:45 khotib masih bersemangat dengan ceramahnya, mengulas tentang pentingnya persatuan umat. Jamaah mulai masuk kepada kondisi sangat tenang karena sudah tidak ada lagi yang datang atau melangkah-langkahi mencari lowongan tempat di depan.

12:55 khotib melihat jamaahnya semakin tenang dan beliau merasa harus semakin memberikan pengertian-pengertian yang semakin luas. Jamaah mulai masuk fase sangat tenang terkantuk-kantuk yang didalam karena adem dan mulai gerah yang diluar karena panas.

13:10 khotib membaca sebaris doa. Jamaah menyahuti ‘Amiiiinnn’ dengan keras. Sang khotib semakin bersemangat karena melihat jamaahnya bagus sekali responnya, maka beliau menambah kembali beberapa keterangan dan penjelasan yang berkaitan. 13:20 khotib kembali mengucap sebaris doa, jamaah sekali lagi menjawab ‘Amiiiinnnn’ dengan lebih keras lagi.

13:30 khotib menyudahi khutbah pertama. Sang bilal menyerukan doa diantara 2 khutbah dengan lebih keras dari biasanya. Khotib semakin bahagia melihat semangat para jamaah berarti apa yang disampaikannya begitu mengena kepada mereka. 13.31 khotib memulai khutbah kedua dengan bersemangat. Dipilihnya doa-doa panjang yang jarang disebutkan demi untuk memenuhi hasrat para jamaah yang terdengar begitu bersemangat terbukti dari amin amin mereka yang semakin keras bersahut-sahutan.

13:40 khutbah selesai. Khotib semakin merasa khusus, maka untuk kali ini beliau akan memilihkan surat yang panjang supaya jamaah lebih terpuaskan kobaran semangat mereka akan nasehat-nasehat agama.

14:00 imam selesai salam. Betapa kagetnya beliau ketika membuka mata ternyata jamaah hanya tersisa sebaris depan saja.. ###

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website