At Balangan Beach Bali

At Balangan Beach Bali

Sudah lama penasaran saya sama motor Yamaha MT25 ini. Kok ya suatu hari ada tetangga yang punya dan mau meminjamkannya. Saya pake 2 hari dan berikut reviewnya.

Power
250cc dual cylinder injeksi racikan Yamaha ini powernya padet. Gak ada ngempos sama sekali. Overtaking, tikungan, tanjakan semuanya bisa berakselerasi dengan nyaman.

Handling
Bener seperti yang saya baca-baca reviewnya di banyak blog, MT25 ini enteng diajak manuver. Buat selap selip di kondisi macet gak ada kesulitan. Bobotnya memang berat tapi tertumpu secara seimbang di tengah sementara setirnya seperti tidak terbebani sehingga cukup enteng menggerakkannya seperti motor 150cc saja. Getarannya halusss. Jarak yang jauh jadi terasa lebih cepat. Motor ini dipake pelan asik, dipake kenceng ayo.

Posisi
Nah ini point minusnya menurut saya, MT25 yang masih ori ini saya kira didesain naked dan duduk tegak, ternyata meskipun stangnya baplang bukan jepit tapi posisinya masih sangat nunduk. Riding sendiri tentu tidak masalah tapi ketika bawa boncenger, tangan jadi pegel ooy. DItambah sadel model terpisah yang ukurannya terlalu lebar buat kami (saya dan istri) sehingga istri saya tidak dapat duduk mepet kedepan. Biasanya gap sadel terpisah ini selalu saya akalin dengan memodif sadel menjadi lebih panjang supaya boncenger bisa nempel sempurna.

Fuel Consumption
Cukup kaget juga ketika saya perhatikan fuel bar di spidometer turun cukup cepat. Hmmm… segini ternyata hausnya mesin 2 silinder ya. Dibanding CBR 250R saya dulu yang irit jelas ini dibilang boross, tapi jika dibanding dengan rival sekelasnya yang 2 piston, entahlah mungkin mt25 ini banyak yang bilang masih lebih irit. Saya gak sempat ukur FC dengan akurat, gak penting juga. Yang jelas dari 2 hari pemakaian keliling kota saja sudah bisa kita rasakan berapa liter dia minum pertamax.

Overall
MT25 ini adalah motor yang nyaman dikendarai, sangat mumpuni untuk perjalanan jauh asal stang ditinggikan dulu, sadel disessuaikan lagi buat boncenger dan pasang visor agak tinggi dipan, pasti sangat nyaman. Kecuali Anda kompromi dengan konsumsi BBMnya, tidak ada keluhan lainnya. Joss!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website