Rumusnya adalah HD = JP – SK. Dimana HD adalah Harga Diri, JP adalah Jumlah Pendapatan dan SK adalah Standar Kebahagian.

Sementara lupakan pengertian harga diri secara umumnya, kita sedang menghitung harga diri secara arti leksikal dengan angka matematika. Hasilnya nanti akan kita ketahui secara angka, bukan harga diri yang sering kita bilang tidak ternilai itu. Kira-kira nanti seperti label harga yang ada di toko-toko itu.

Baik, simpel sekali. JP adalah jumlah pendapatan, hitung saja berapa pendapatan Anda per bulan? Lihat saja saldo rekening atau deposito Anda. Ini mudah sekali, yang mungkin agak susah sedikit adalah SK. Seberapa nilai standar kebahagiaan Anda?

Supaya lebih sederhana mari kita gunakan satuan Rupiah, mata uang kita tercinta. Jika misal Anda punya uang 100 juta dan Anda bahagia, maka berapa rupiah dibawah 100 juta yang bisa membuat Anda tidak bahagia? 90juta masih bahagia? 50 juta masih bahagia ? atau 5juta masih bahagia?
Jika di limit 5juta masih membuat Anda bahagia maka HD Anda adalah = 100juta – 5juta = 95juta. Tapi jika Anda merasa sudah tidak bahagia di angka 80juta maka HD anda adalah = 100juta – 80juta = 20juta.

Jadi jika misal si A punya uang 100juta tapi tidak bahagia di80juta, dan ada si B punya uang 30juta dan masih bahagia di angka 10juta, maka sebenernya harga diri mereka sama yaitu 20juta. Dan jika si B masih bahagia di angka 5juta maka harga diri si B lebih tinggi dari si A yaitu 25juta.

Kumpulkanlah 100 orang yang punya Honda HRV seharga 400juta. Tentu naik HRV nyaman dong. Lalu kita tanyakan siapakah diantara mereka yang masih nyaman naik Honda Freed 200juta? Mungkin sebagian menjawab : masih, tapi sebagian lagi menjawah : tidak, saya kalo gak HRV gak nyaman.

Katakanlah yang menjawab ‘masih’ ada 50 orang, mari kita tanya lagi, siapakah yang masih merasa nyaman naik Honda civic th 85 (50juta) ? yang menjawab ‘masih’ ada 10 orang. Kita tanya lagi siapa yang masih nyaman gak naik mobil ? yang menjawab ‘masih’ ada 1 orang. Maka hasilnya HDnya didapatkan, HD 0juta (50orang), HD 200juta (40 orang), HD 350juta (9orang) dan HD 400jt (1orang).

Jadi dari 100orang yang punya honda HRV itu, ada 1 orang yang harga dirinya paling tinggi yaitu orang yang masih bisa bahagia meskipun tidak memiliki HRV.

Ada 2 anak ABG sama2 punya uang 100ribu. Si Paiman adalah anak ABG yang merasa bahagia bisa makan di Mcd, paket burger 50ribu, sedangkan makan burger di Cbezt harga 15ribu dia serasa mau mati saja. Si Paimin juga bahagia makan burger McD, tapi masih bahagia juga makan burger Cbezt. Maka HD Paiman adalah 100rb – 50rb = 50rb dan HD Paimin adalah 100rb – 15rb = 85rb. Harga diri Paimin lebih tinggi dari Paiman.

How low can you go?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website