Di beberapa kegiatan salat tarawih yang saya ikuti di mesjid-mesjid kota Denpasar ini, ada satu hal berkesan yang ingin saya ceritakan. Ialah para petugas muda yang ada di salah satu mesjid di komplek militer area Suwung Denpasar.

Kegiatan di mesjid biasanya diwarnai dengan banyaknya anak kecil yang ramai, playful loudly dari awal hingga akhir. Ya, saya pribadi sih tak ada masalah daripada mereka pergi ke tempat2 PS atau kemana masih mending jam-jam itu mereka pada ngumpul di mesjid. Tapi memang rasanya bising juga mixing suara pak imam dari speaker depan dan dengungan lebah krucil-krucil di belakang yang volumenya sama kerasnya bersahut-sahutan.

Tapi tidak di mesjid Al-amin ini. Partai persatuan anak kecil yang jumlahnya hampir seperempatnya ini terjaga rapi area sebelah kiri. Tak ada yang berlarian di belakang kecuali beberapa anak yg benar-benar kecil yang entah ingin melarikan diri dari atau mungkin sedang mencari bapaknya. Saya sekilas mengamati di beberapa malam yg saya hadiri, remaja-remaja sekitaran usia SMP atau SMA ini diberi rompi khusus dari mesjid sebagai aparat resmi yang bertugas mengatur ketenangan suasana.

Tugasnya mencakup anak-anak kecil dibawah mereka seusia SD / TK yang biasanya memang jadi sumber penyebaran kebisingan suara dimanapun dan kapanpun. Aparat-aparat penggembala ini menggiring ke area kiri, lalu menyuruh ikut salat jangan ada yang malas, mengawasi dan menegur yang ramai atau bercanda baik sebelum atau waktu salat. Sebagian standby di depan untuk mengatur parkir. Semua sandal juga dirapikan berbaris seperti tentara menghadap keluar siap untuk dipakai ketika bubaran.

Mengingat situasi kampung -bukan sekolah atau pesantren-yang biasanya lebih susah diatur, alhasil, aparat-aparat muda sejauh ini sukses melaksanakan tugasnya membuat saya merasa tenang dan nyaman berjamaah di mesjid ini. Para anak kolong ini rupaya sedikit banyak mewarisi kebiasaan bapak ibunya dalam melaksakan korve di kemiliteran.

Bravo anak muda! Lanjutkan!
#CeritaRamadan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website