Awalnya seorang teman bertanya kenapa kok jam di hapenya sering tidak cocok. Seperti salah region, yang seharusnya terdeteksi GMT+8 menjadi sering GMT+7. Hapenya Xiaomi Redmi 3s. Saya suruh saja cek updatenya, mungkin itu adalah bug system dari Redmi.

Tak berapa lama kemudian terdengar suara cewek menjerit.. Ternyata hapenya tidak bisa booting. Updatenya sukses lalu rebooting, ehh ditunggu lama layarnya masih hitam juga. Ngeblank, tidak ada kehidupan.. menjeritlah dia.

Saya sendiri alhamdulilah tidak pernah mengalami kejadian seperti ini, kebetulan hape2 saya yang kadang merknya aneh-aneh juga fine-fine aja, unlock, update, custom rom, semua lancar jaya. Xiaomi Redmi3s ini hape populer dipasaran kok bisa update otomatisnya -bukan diotak-atik- bikin ngeblank gitu??

Yah, mau tidak mau saya coba bantu mbaknya untuk cari solusi di google dan ternyata cukup banyak yang bernasib sama. Oalah mi mi..

Berikut cara mengatasinya:
1. Download file update fastboot, pilih versi hape kamu yg paling cocok disini http://en.miui.com/a-234.html
2. Dowload applikasi Miflash disini http://en.miui.com/thread-345974-1-1.html
3. Konek hape via kabel usb.
4. Extract file fastboot ke D saja, directory jangan terlalu dalam, kalo perlu rename foldernya dengan nama yg simple. Jika lokasi file terlalu dalam, aplikasi Miflash tidak bisa mendeteksinya
5. Error !
6. Jangan panik, error pertama biasanya “system cannot find flash_all_except_storage.bat”
Solusinya gampang, tinggal rename saja flash_all_except_data_storage.bat menjadi flash_all_except_storage.bat
7. Error lagi !
8. Error selanjutnya yang akan kamu temui adalah MiFlash Error. Critical Partition Flashing is not allowed. Itu artinya Miflash tidak mengenali koneksi USB untuk mengantarkan file ke dalam hape.
Jangan panik lagi. Seduh secangkir kopi dan lakukan ini :
9. Download aplikasi Fastboot Edl di https://forum.xda-developers.com/android/software-hacking/guide-how-to-reboot-to-edl-fastboot-t3394292
10. Hape dalam kondisi tampilan fastboot (Volume down + Power) Buka command prompt CMD dan Type command> fastboot oem edl
11. Hape akan reboot dan blank hitam
12. Buka kembali Miflash > Refresh. Hape akan terdeteksi di port Com20
13. Klik tombol Flash
14. Tunggu saja prosesnya sambil ngopi.
15. Setelah status di Miflash tertulis finished, cabut hape dan nyalakan kembali. Hape Anda akan bangkit kembali !

Dan si mbak pemilik hape kembali menjerit senang.

NB: Cara ini saya rangkum setelah melewati berbagai macam kegagalan dan error. File tidak cocok, program tidak konek dll. Jangan menyerah dulu. Google saja. Tapi jika sudah menyerah, maka simple saja serahkan ke tukang servis. Mereka pasti sudah punya banyak tools aplikasi dan database file dari berbagai macam hape.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website